Kamis, 17 November 2016

Manfaat internet



Gambar terkaitManfaat internet dan aplikasi yang digunakan pada masing-masing bidang
1.         Manfaat Internet

A.   Manfaat Internet dibidang Pendidikan
1.      Mencari Informasi
Dengan Internet kita dapat mencari informasi tentang berbagai hal di dunia pendidikan, seperti perubahan kurikulum setiap tahunnya, berbagai contoh dan cara mengerjakan soal ulangan maupun UN untuk semua bidang studi.
2.      Berkomunikasi / Jejaring social
Kita dapat berkomunikasi dengan orang yang berada di seluruh dunia dengan jejaring social seperti, Facebook, Twitter dan lain -lain

3.      Sebagai sarana pembelajaran
Melalui Internet kita dapat belajar berbagai hal mulai dari materi yang dipelajari saat ini disekolah, yang telah berlalu, dan yang akan di pelajari.

4.      Sebagai sarana untuk mencari beasiswa baik di dalam maupun di luar sekolah
Dengan Internet kita dapat mengetahui informasi tentang beasiswa yang dikeluarkan oleh pemerintah setiap pemerintah / semester baik itu di luar atau di dalam sekolah.

5.      Internet sebagai sarana pendidikan jarak jauh
Pendidikan jarak jauh artinya kita tidak harus ada di suatu tempat untuk menyelenggarakan pendidikan. Dengan Internet kita dapat mengakses situs Web 24 jam sehari tak peduli dimanapun kita berada
 6.     Melatih Siswa Supaya Mengetahui Cara-cara Penggunaan Komputer
Harus buat tugas lewat Internet otomatis harus menggunakan yang namanya Komputer, contohnya membuat tugas sekolah menggunakan E- Mail itu akan ulit juka kita tidak mengetahui tentang internet.
7.      sarana pertukaran data dan informasi.
Internet dapat digunakan sebagai sarana pertukaran informasi dari satu komputer ke komputer lain, tanpa dibatasi oleh jarak fisik ke dua komputer tersebut. Dua komputer yang sama-sama terhubung ke internet dapat saling berkomunikasi satu sama lain, atau mempertukarkan data dan informasi. Internet menghilangkan batas ruang dan waktu sehingga memungkinan seorang siswa berkomunikasi dengan pakar di tempat lain.
8.        Proses pembelajaran lebih menarik. Melalui internet pembelajaran tidak monoton dan jenuh karena dalam internet ada hal-hal baru yang variatif dan inovatif.
9.        Mendorong siswa untuk lebih aktif mencari ilmu pengetahuan dan informasi.
10.     Mempercepat dan mempermudah komunikasi edukatif antara guru dengan siswa.

B.  Manfaat Internet di Bidang Perdagangan

Ø Ada beberapa manfaat yang di peroleh pelaku usaha antara lain :
a.    Perusahan dapat menjangkau pasar yang lebih luas. Perdagangan secara elektronik memungkinkan perusahan untuk menjual produknya kepada lebih banyak orang. Dengan kata lain, perusahan atau toko dapat menjual produknya kepada siapa saja dipenjuru belahan dunia.
b.   Efektifitas Tempat, dimana perusahan tidak perlu membuka banyak cabang untuk distribusi barang.
c.   Efesiensi biaya, mengurangi biaya yang dikeluarkan perusahan, karena perusahan tidak perlu merekrut banyak pegawai toko dan tidak perlu menyediakan tempat yang luas.
d.   Dengan melakukan penghematan biaya yang dikeluarkan, otomatis perusahan dapat menekan seminimal mungkin harga jual kepada pelanggan. Sehingga lebih banyak pelanggan yang dapat menjangkau harga barang tersebut. Dengan demikian barang menjadi lebih banyak yang terjual dan profit perusahaanpun bertambah besar
e.    Pemanfaatan teknologi dapat menjangkau kepada calon pembeli diseluruh dunia, sehingga biaya promosi akan lebih efesien.
f.    Bagi para pelaku usaha pedagang kelas menengah kebawah, teknologi inforamsi cukup membantu. Dimana mereka cukup melakukan pemesanan via internet tanpa harus datang ke grosir.
g.    Perusahan tidak perlu membuka banyak cabang-cabang distribusi.

             Ø  Adapun manfaat yang didapat oleh konsumen antara lain :

a.    Pembeli tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup terkoneksi dengan Internet, pilih barang dan selanjutnya melakukan pemesanan barang, dan barang akan di antar ke rumah.
b.   Menghemat waktu dan biaya transportasi berbelanja, karena semua barang belanjaan bisa dipesan melalui perantara media internet khususnya situs yang menjual belikan barang apa yang ingin anda beli..
c.   Pilihan yang ditawarkan sangat beragam, sehingga sebelum melakukan pemesanan kita dapat membandingkan semua produk dan harga yang ditawarkan oleh perusahaan E-Commerce.
d.   Dengan perantara internet kita dapat membeli barang dinegara lain secara online.
e.    Harga yang ditawarkan sangat komfetitif, karena tingkat persaingan dari pelaku usaha melalui media internet sehingga mereka bersaing untuk menarik perhatian dengan cara menawarkan harga serendah-rendahnya.
f.    Konsumen tidak perlu mendatangi toko untuk mendapatkan barang, cukup ke Internet dan memesan barang, barang akan di antar ke rumah.


      C.            Manfaat Internet di Bidang Pemerintahan

1.    Menjadi Media Informasi Resmi
2.    Menjadi Media Kampanye Pemerintah
3.    Memudahkan Penyampaian Aspirasi Masyarakat
4.    Mempermudah Masyarakat Mendapatkan Akses Pelayanan Publik
5.    Memudahkan Sistem Administrasi
6.    Menghemat Biaya Operasional
7.    Menjadi Media Promosi
8.    Mendukung Keterbukaan Informasi
9.    Mengundang Partisipasi Masyarakat
10. Mempermudah Koordinasi Kegiatan

D.      Manfaat Internet di BidangIndustri

a.        Sebagai alat bantu untuk merancang produk baru secara cepat, mudah, dantepat/akurat

b.       Proses produksi dapat dilakukan dengan sesedikit mungkin tenaga manusia sehingga mengurangi resiko fisik yang dapat dialami oleh manusia



E. Manfaat Internet Di Bidang Kesehatan

֎     Sebagai Pusat Informasi Kesehatan secara Online

֎     Dapat digunakan sebagai alat pendaftaran Pasien secara Online

֎     Dapat Mendekteksi Gejala-gejala Penyakit

֎     Memudahkan masyarakat dalam Mengetahui Berbagai macam Informasi Tentang Penyakit beserta Obatnya

֎     Memudahkan Masyarakat dalam Mengetahui Segala macam Penyakit beserta Pencegahnya

֎     Mempercepat proses ujilaboratoriumpasien

֎     Memeriksa, mendiaknosis, danmenentukanpenyakitpasiendenganmemasukkan Data- data keluhan pasien ke dalam system komputer

֎     Menentukanjenisterapidanpengobatanberdasarkaninformasidari system computer

֎     Memantaukondisipasien (denyutjantung, suhu, dantekanandarahpasien)



2.Aplikasi Yang Digunakan Pada Masing – Masing Bidang

1.   Bidang Pendidikan
x        Teleconference atau telekonferensi atau teleseminar adalah komunikasi langsung di antara beberapa orang yang biasanya dalam jarak jauh atau tidak dalam satu ruangan dan dihubungkan oleh suatu sistem telekomunikasi.
x        teleconference adalah pertemuan yang dilakukan oleh dua orang atau lebih yang dilakukan melewati telefon atau koneksi jaringan. Pertemuan tersebut bisa menggunakan suara (audio conference) atau menggunakan audio-video (video conference) yang memungkinkan peserta konferensi saling melihat dan mendengar apa yang dibicarakan, sebagaimana pertemuan biasa. Dalam telekonferensi juga dimungkinkan menggunakan whiteboard yang sama dan setiap peserta mempunyai kontrol terhadapnya Jadi, juga berbagi aplikasi.
x        Quipper School Learn adalah sebuah platform yang diperuntukkan untuk siswa. Dalam Quipper School Learn, siswa dapat mengakases seluruh topik, membaca mata pelajaran, dan mengerjakan soal.
x        E-libraryMenurut Anonim Konsep e-library adalah sebuah perpustakaan digital yang ada dalam website chickaholic dengan menyediakan link buku elektronik (e-book) yang dapat didownload pengunjung dengan gratis, buku yang telah didownload tersebut dapat / bebas disebarluaskan kembali dengan tidak mengubah materi yang ada dan menghilangkan sumber penulisnya.



2.    Bidang Perdagangan
à   Online Shop : Toko Bagus.com, Lazada, elevenia dll. Kegiatan e-commerce ini merupakan aplikasi dan penerapan dari e-bisnis (e-business) yang berhubungan dengan transaksi komersial, misalnya: transfer dana secara elektronik, SCM (supply chain management), pertukaran data elektronik (electronic data interchange /EDI), pemasaran online (online marketing), atau e-pemasaran (e-marketing), pemrosesan transaksi online (online transaction processing), dll.
à   E bay : adalah tempat berkumpulnya para penjual dan pembeli dari seluruh dunia secara online. Kini E bay berkembang menjadi ajang pasar yang menjual berbagai macam alat elektronik, mobil, fashion dsb.
à   Amazon BookSurge
Amazon’s BookSurge adalah buku bisnis, yang memberikan penerbit kemampuan untuk mendistribusikan bahan meskipun telah memiliki relasi, peritel terkemuka dan distributor.
à    Amazon EBS
Amazon Elastis Blokir Store (EBS) menyediakan blok tingkat volume penyimpanan untuk digunakan dengan Amazon EC2.
à    Amazon EC2
Amazon EC2 ( Elastis Cara Cloud ) berfungsi menyediakan layanan server virtual dengan harga yang murah.
à   Amazon Elastic Map Reduce
Amazon elastis MapReduce merupakan bagian dari Amazon Web Services (aws). Ini adalah layanan web yang memungkinkan perusahaan, peneliti, analis data, dan pengembang dengan mudah dan dengan biaya yang efektif untuk memproses data dalam jumlah besar.
à   Amazon Fresh
Amazon Fresh adalah layanan pengiriman makanan yang pemesanannya dilakukan secara online. Amazon Fresh saat ini sangat berkembang di Seattle, daerah Washington.

3.    Bidang Pemerintahan
#   E-Government merupakan kependekan dari elektronik pemerintah. E-Governtment biasa dikenal e-gov, pemerintah digital, online pemerintah atau pemerintah transformasi. E-Government adalah Suatu upaya untuk mengembangkan penyalenggaraan kepemerintahan yang berbasis elektronik. Suatu penataan system manajemen dan proses kerja di lingkungan pemerintah dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi.
#   Web Presence, yaitu memunculkan website daerah di internet. Dalam tahap ini, informasi dasar yang dibutuhkan masyarakat ditampilkan dalam website pemerintah.
#    Interaction, yaitu web daerah yang menyediakan fasilitas interaksi antara masyarakat dan Pemerintah Daerah. Dalam tahap ini, informasi yang ditampilkan lebih bervariasi, seperti fasilitas download dan komunikasi E-mail dalam website pemerintah.

4.    Bidang Industri
à   CAD (Computer Aided Design)
Ø  Berfungsi sebagai meja gambar elektronik untuk para  perancang dan juru gambar .
Ø  Aplikasi industri : Penerbangan , dan Mobil.
Ø  Software : Adobe Photoshop, CorelDraw.
à    CAM (Computer Aided Design)
Ø  Termasuk pada jenis alat untuk otomasi manufaktur yang digunakan pada lantai produksi.
Ø  Aplikasi industri : Robot.
Ø  Software : AutoCAD .
à   CIM (Computer Integrated Manufacturing)
Ø  Berfungsi memadukan dan mengkoordinasikan perancang, manufaktur dan manajemen berbasis komputer (SIM = Sistem Informasi Manajemen).
à    CAP ( Computer Aided Planning)  & CAPP (Computer Aided Process Planning)
Ø  Berperan dalam mengatur aliran pekerjaan secara efisien, termasuk menghasilkan aliran produksi yang optimal.

         5.   Bidang Kesehatan
»     System Computerized Axial Tomography (CAT) berguna untuk menggambar struktur otak dan mengambil gambar seluruh organ tubuh yang tidak bergerak dengan menggunakan sinar-X.
»     System Dynamic Spatial Reconstructor (DSR) berguna untuk melihat gambar dari berbagai sudut organ tubuh secara bergerak.
»     SPECT (Single Photon Emission Computer Tomography) merupakan sistem komputer yang mempergunakan gas radiokatif untuk mendeteksi partikel-partikel tubuh yang ditampilkan dalam bentuk gambar.
»     PET (Position Emission Tomography) merupakan sistem komputer yang menampilkan gambar yang mempergunakan isotop radioaktif.
»     NMR (Nuclear Magnetic Resonance) yaitu teknik mendiagnosa dengan cara memagnetikkan nucleus (pusat atom) dari atom hydrogen.
»     USG (Ultra Sonography) adalah suatu alat dalam dunia kedokteran yang memanfaatkan gelombang ultrasonik, yaitu gelombang suara yang memiliki frekuensi yang tinggi (250 kHz – 2000 kHz) yang kemudian hasilnya ditampilkan dalam layar monitor berupa gambar dua dimensi atau tiga dimensi.
»     Helical CT-SCAN adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagital, paling kecil jarak antara potongan 3 mm.
»     Magnetic Resonance Imaging ( M R I ) adalah alat untuk pemeriksaan organ tubuh secara komputerisasi, dengan potongan tranversal, coronal dan sagita.


0 komentar:

Posting Komentar

 
Egiyusvillablog's Blogger Template by Ipietoon Blogger Template